Selasa, 12 Juni 2012

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PENYULUHAN TERHADAP ADOPSI PEMBUATAN PUPUK CAIR ORGANIK DI DESA TANJUNG KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI PROPINSI JAWA TENGAH


Akimi dan Lutfan Makmun

INTISARI
Tujuan penelitian ini antara lain mengkaji pemilihan empat jenis media penyuluhan dalam bentuk folder, peta singkap, media sesungguhnya dan gabungan dari ketiganya sebagai alat bantu atau media penyuluhan serta untuk mengetahui tingkat effektivitas empat jenis media penyuluhan dalam bentuk folder, peta singkap, media sesungguhnya dan gabungan dari ketiganya terhadap adopsi teknologi penyuluhan pertanian. Jumlah sampel sebanyak 80 responden terdiri dari 20 orang sebagai sampel dari setiap kelompok. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling (penetuan sampel secara sengaja). Analisis data descriptive comparative yaitu rancangan pra eksperimental one group pra test-post test design pada kelompok tunggal. Untuk melihat seberapa besar pengaruh dan perbedaan penggunaan berbagai media dianalis menggunakan analysis of variance ANOVA, apabila terdapat perbedaan antara keempat perlakuan tersebut maka dilanjutkan dengan analisis uji Duncans Multiple Range Test (DMRT).
Hasil analisis menunjukan bahwa, untuk kegiatan penyuluhan pembuatan pupuk cair organik dengan menggunakan media folder, peta singkap, menggunakan media sesungguhnya, menggunakan gabungan dari ketiganya adalah efektif. Hasil kajian terhadap perilaku pada aspek pengetahuan dan sikap menunjukan bahwa, untuk kegiatan penyuluhan adobsi pembuatan pupuk cair organik dengan menggunakan media folder, peta singkap, menggunakan media sesungguhnya, menggunakan gabungan dari ketiganya adalah efektif. Hasil uji statistik perubahan perilaku pada aspek pengetahuan dan sikap menunjukan bahwa : 1). media folder tidak berbeda nyata dengan media peta singkap, 2). peta singkap tidak berbeda nyata dengan media folder tetapi berbeda nyata dengan media sesungguhnya dan gabungan ketiga media, 3). media sesungguhnya berbeda nyata dengan media folder, peta singkap tetapi tidak berbeda nyata dengan gabungan ketiga media, 4). gabungan ketiga media berbeda nyata dengan media folder dan peta singkap tetapi tidak berbeda nyata dengan media sesungguhnya.

Kata Kunci: media penyuluhan pertanian, efektifitas penyuluhan, adopsi.


DAFTAR PUSTAKA

Ibrahim, J, T, Armand S. Dan Harpowo. 2003. Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian. Banyu Media Phubliser.

Kusnadi T. 1999. Teknik Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka. Jakarta.

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Penerbit. Sebelas Maret University Press. Jakarta.

Nawawi, H. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Padmowihardjo, S. 1999. Evaluasi Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka Depdikbud. Jakarta.
Kartasaputra, A.G., 1994. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Bumi Aksara.

Kerlinger,   F.N.    1973.   Foundation   of Behavioral Research. New York: Holt, Rinehart. and Winstone, Inc.

Levis, L.R 1996. Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Mardikanto T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Acuan untuk Pelajar, Mahasiswa, Dosen, Penyuluh, Pekerja Sosial, Penentu Kebijakan, dan Peminat Ilmu/Kegiatan Penyuluhan Pembangunan. Solo: Sebelas Maret University Press.

Samsudin U. 1987. Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian dan Moderenisasi Pertanian. Binacipta. Bandung.

Sugandi, E. dan Sugiarto. 1996. Rancangan Percobaan. Andi Offset. Yogyakarta.

Sugeng, B. 2005. Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta.
Sustianawati. 1989. "Hubungan Karakteristik Petani dengan Kecepatan Adopsi Teknologi Produksi Supra Insus" Skripsi Sarjana (S-l). Fakuttas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sumardjo. 1999. "Transformasi Model Penyuluhan Pertanian Menuju Pengembangan Kemandirian Petani: Kasus di Propinsi Jawa Barat" Disertasi Doktor. Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan. Program Pascasarjana,InstitutPertanian Bogor. Bogor.

Suryabrata S. 1992. Metodologi Penelitian. Rajawali Press, Jakarta.
Upit,2008. Metode Pengelompokan Terpadu Dapat Meningkatkan Efektifitas Pengolahan Kelas.Diakses 26 Februari.ftrtp.// yudim.blogspot.com.

Van Den Ban W.A dan Hawkins, S.H. 1999. Penyuluhan Pertanian. Penerbit. Kanisius. Yogyakarta.

Wiriaatmadja.1983. Pokok-Pokok Penyuluhan Pertanian. Penerbit. CV Yasaguna. Jakarta.

2 komentar:

  1. Ya gitu boss dosen emang kudu kreatif, kalo dosennya nggak kreatif gimana mahasiswanya.Biar kita tahu satu menit lebih dulu statusnya kita lebih tahu duluan. GROTHUL GRATHUL ASAL UP DATE MBANGANE DIEM.
    Tetepkreatif, semangat dan optimis
    LUTFAN MAKMUN

    BalasHapus
  2. bapak ,mohon maaf saya bisa minta filenya untuk jadi bahan referensi penelitian saya??

    BalasHapus